Sabtu, 04 April 2015

Mengetahui Macam Type Dayung Arung Jeram

Untuk beberapa penggemar berolahraga pemacu adrenalin, nama arung jeram (rafting) paket rafting pangalengan bandung pasti telah tak terlampau asing lagi. Berolahraga yang satu ini dikerjakan pada aliran sungai yang mempunyai arus yang cukup deras. Karenanya terkecuali mesti waspada, beberapa peserta juga dituntut untuk sama-sama bekerja bersama. Arung jeram ini adalah merupakan berolahraga tim yang dikerjakan oleh sebagian orang sekalian. Supaya dapat berhasil meraih maksud, jadi beberapa peserta mesti sama-sama menolong serta sama-sama mensupport.

Mengetahui Macam Type Dayung Arung Jeram

Supaya arung jeram bisa jalan sesuai sama harapan, diperlukan pertalatan spesial untuk arung jeram. Peralatan inilah yang nanti bakal menyelamatkan beberapa peserta dari ganasnya arus dari aliran sungai. Terkecuali tahu beberapa jenis perahu arung jeram yang tangguh, tahu dayung yang kokoh juga dibutuhkan. Bahkan juga untuk berjaga-jaga dari hal yg tidak di idamkan kadang-kadang didalam perahu juga butuh disiapkan dayung cadangan. Walau demikian terdapat banyak type dayung arung jeram. Supaya lebih tahu type dayung seperti apa yang diperlukan, tersebut sebagian type dayung yang umum dipakai dalam arung jeram.

Dayung Kayu serta Fiberglass
Type dayung yang cukup banyak dipakai pada arung jeram biasanya terbuat berbahan yang enteng walau demikian kuat. Mengingat arus yang perlu dihadapi oleh beberapa peserta arung jeram, jadi karakteristik material dayung itu jadi hal yang harus. Sebagian material yang basa dipakai yaitu kayu serta fiberglass. Pada dayung type lama, biasanya dayung yang di buat terbuat berbahan kayu. Sayangnya dayung type ini merasa cukup berat. Kekuatannya juga kurang sepadan dengan beratnya. Karenanya type dayung ini sangatlah tidak sering dipakai.

Type dayung selanjutnya yaitu dayung fiberglass. Dari segi bobot, dayung ini memanglah cukup enteng. Sayangnya dayung type ini kurang demikian kokoh. Bahkan juga bila dayung ini pecah, pecahanannya dapat melukai pemakainya. Karenanya, dayung ini dapat tidak sering dipakai.

Dayung Aluminium serta Plastik

Pada sekarang ini type dayung yang kerap dipakai umumnya type dayung yang terbuat dari aluminium maupun plastik. Untuk dayung yang terbuat dari aluminuim, bobotnya umumnya cukup enteng. Diluar itu dayung type ini dapat gampang terapung serta cukup kokoh. Oleh karena itu dayung type ini jadi type dayung yang paling banyak dipakai.

Terkecuali material dayung, ukuran dayung penting juga. Biasanya ukuran dayung yang dipakai sekitar pada 4, 5 sampai 6 kaki. Hal semacam ini tergantung pada ukuran tubuh serta kemampuan dari awak perahu. Diluar itu panjang dayung juga tergantung pada diameter tabung perahu serta kelilingnya. Ukuran dayung juga dibedakan sesuai sama posisi dati pendayung. Jadi ukuran dayung untuk awak tentu bakal tidak sama dengan dayung yang ditujukan untuk kemudi atau kapten. Supaya lebih aman, pilih dayung mesti sesuai dengan keperluan hingga dayung itu gampang dipakai oleh awak perahu.Demikian Mengetahui Macam Type Dayung Arung Jeram.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar